semut

Selasa, 31 Desember 2013

PESTA KEMBANG API !


Preet... Preet.. Preet!!! *ini suara terompet, bukan kentut

Selamat Tahun Baru 2014 guys!
Semoga resolusi kita di tahun ini menjadi kenyataan. Aamiin. 

Ngomong-ngomong tahun baru, pasti kita merayakan pergantian tahun kan? Biasanya kita meniup terompet dan menyalakan kembang api pada tanggal 1 Januari tepat pukul 00.00 WIB.

Sebenernya, kembang api itu apa sih?
Menurut Wikipedia, kembang api adalah bahan peledak berdaya ledak rendah piroteknik yang digunakan umumnya untuk estetika dan hiburan. Kembang api akan menghasilkan empat efek primer: suara, cahaya, asap, dan bahan terbang. Kembang api dirancang supaya dapat meletus sedemikian rupa dan menghasilkan cahaya yang berwarna-warni seperti merah, oranye, kuning, hijau, biru, ungu, dan perak.

Gimana proses pembuatannya?
Melihat Wikipedia juga, kembang api dibuat dari berbagai bahan kimia. Warna-warna yang dihasilkan merupakan kombinasi yang rumit dari berbagai bahan kimia. Unsur yang sering digunakan untuk pembuatan kembang api antara lain adalah magnesium, natrium, fransium, litium, boron, kalium, kalsium dan berbagai oksidator.

Lalu, gimana sih sejarah penemuan kembang api?
Dikutip dari Wikipedia lagi, kembang api ditemukan di Cina untuk menakut-nakuti roh jahat, sebagai perkembangan dari penemuan lainnya yaitu bubuk mesiu.

*kok, gue nyontek wikipedia mulu ya

Nah, sekarang kembang api sering dipakai pada acara-acara pesta, tak terkecuali pesta pada malam tahun baru. Bahkan pesta kembang api ini dipakai di berbagai negara loh. 
Mau tau, gimana kemeriahan negara-negara di dunia memperingati pergantian tahun? Yuk, simak gempita malam tahun baru 2014 di negara-negara berikut.


Indonesia - Monas
Australia - Sydney Harbour
Hong Kong - Victoria Harbour
Uni Emirat Arab - Dubai
Inggris - London Eye
Taiwan - gedung Taipei 101
Rusia - Moscow
Singapura

Malaysia
Jerman - jembatan Bradenburg

Saatnya kita bilang W.O.W ! Wowwowwow, cetar membahana banget kan pesta kembang apinya?
Tapi jangan hanya pesta-pesta saja, di tahun yang baru ini kita renungkan apa yang kita lakukan setahun kemarin, berjanji untuk menjadi pribadi yang lebih baik. Di tahun baru, muncul harapan-harapan baru, semangat pun harus baru.
So, are you ready to do great things in 2014 guys?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar